Our Address :
Jl Kelapa Nias Raya Blok LC.1 No.5
Kelapa Gading Jakarta Utara Indonesia
Telp:(+6221) 4514472 / Fax:(+6221) 4532796
Email : cs.carre.ccsl@gmail.com

Pentingnya Strategi yang Tepat untuk Memenangkan Persaingan

Dipublikasikan : 31 May 2013, Penulis :

Masyarakat kota besar di Indonesia memiliki mobilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari, sehingga kebutuhan terhadap moda transportasi yang menunjang aktivitas secara cepat dan nyaman menjadi hal yang pasti dicari. Kendaraan pribadi terutama kendaraan roda empat sebagai alat transportasi yang aman dan nyaman menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat kelas menengah ke atas di zaman sekarang. Hal ini dapat dilihat berdasarkan data penjualan mobil dari tahun ke tahun yang mengalami peningkatan signifikan. Total penjualan mobil pada tahun 2003 adalah sebesar 354.483 unit, sedangkan pada tahun 2012 tingkat penjualan kendaraan naik tiga kali lipat, menjadi 1.116.230 unit.

Gambar 1. Perkembangan Penjualan Mobil Nasional

Perkembangan Penjualan Mobil Nasional

Asuransi mobil merupakan bisnis yang sangat dipengaruhi dan sejalan dengan peningkatan jumlah penjualan mobil dari tahun ke tahun. Dari total penjualan mobil, sekitar 70% orang Indonesia melakukan pembelian mobil melalui cara kredit. Mobil yang dibeli secara kredit biasanya sudah mengikutsertakan/menawarkan asuransi mobil kepada konsumennya. Tiga tahun yang lalu, jumlah orang yang ikut/memiliki asuransi mobil karena membeli mobil secara kredit hanya sekitar 25%, namun saat ini ada 45% pemilik mobil mengasuransikan mobilnya yang dibeli dengan cara kredit.

Proses keikutsertaan asuransi mobil biasanya terjadi setelah konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian mobil, baik melalui cara kredit maupun tunai. Ketika konsumen datang dan tidak memiliki suatu preferensi merek asuransi, channel dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih merek asuransi tertentu.

Jika pembayaran dilakukan dengan kredit, beberapa produk/merek asuransi mobil akan ditawarkan oleh sales representative dari perusahaan finansial yang akan dipakai. Dan jika pembayaran dilakukan secara tunai, sales dealer biasanya akan menawarkan beberapa produk/merek asuransi mobil. Channel dealer harus dimanfaatkan secara optimal oleh pemain asuransi mobil untuk meningkatkan jumlah penjualan asuransi mereka.

Gambar 2. Alasan yang Dipertimbangkan dalam Memilih Suatu Perusahaan Asuransi

Alasan yang Dipertimbangkan dalam Memilih Suatu Perusahaan Asuransi

Sumber: Riset Frontier

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh Frontier Consulting Group, ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih asuransi mobil. Alasan yang paling besar adalah reputasi perusahaan, yaitu sebesar 25,40%. Reputasi perusahaan asuransi menjadi pertimbangan utama karena reputasi perusahaan yang baik serta terpercaya akan menghilangkan kecemasan konsumen dan lebih memantapkan konsumen dalam pemilihan asuransi mobil yang akan digunakan.

Mari kita lihat hasil Top Brand Index 2013 kategori Asuransi Mobil. Terlihat bahwa terdapat dua brand kuat yang mengalami penurunan pada tahun ini, yaitu Garda Oto dari Astra Buana dan Autocillin dari Adira Insurance. Hasil dari TOM (top of mind) pun mengalami penurunan yang sama. Sebaliknya, dua brand lainnya, yaitu ACA Motor Assurance dari ACA dan Simas Mobil dari Asuransi Sinar Mas mengalami kenaikan. Hal ini dapat berarti persaingan antara perusahaan-perusahaan asuransi akan semakin ketat.

Tiap perusahaan akan saling berusaha mengungguli pesaingnya, baik melalui penguasaan channel dealermobil maupun peningkatan reputasi perusahaan. Selain dua hal yang disebut sebelumnya—yaitu kompetisi dichannel dan reputasi perusahaan—service yang baik menjadi hal yang mutlak untuk menjamin kepuasan pelanggan yang dapat menjadi word of mouth yang positif bagi perusahaan asuransi mobil. Dapat terlihat juga dari data sebelumnya bahwa kualitas pelayanan menjadi urutan ketiga hal-hal yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih suatu perusahaan asuransi tertentu.

Gambar 3. Top Brand Index Kategori Asuransi Mobil

Top Brand Index Kategori Asuransi Mobil

Gambar 4. Top of Mind Kategori Asuransi Mobil

Top of Mind Kategori Asuransi Mobil

Belajar dari hasil survei Top Brand Index, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh perusahaan asuransi mobil untuk menjadi merek yang dipilih oleh konsumen, terutama perlu menjadi perhatian bagi merek yang memiliki kecenderungan turun. Beberapa hal perlu menjadi perhatian penting bagi para pelaku bisnis perusahaan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah building strong brand, merek yang kuat dapat menjadi top of mind di benak konsumen, sehingga hal pertama yang akan mereka cari adalah merek tersebut.

Membangun merek yang kuat dapat dilakukan melalui aktivitas komunikasi pemasaran terpadu, dengan memberikan pesan yang tepat kepada target konsumen dan menentukan integrasi channel yang tepat. Hal kedua yang tidak kalah penting adalah memperkuat network, terutama di channel dealer sebagai titik tombak utama untuk memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih merek asuransi mobil yang akan digunakan. Hal terakhir yang tak kalah penting adalah kualitas service yang membedakan antara satu merek asuransi dengan merek asuransi lainnya, sehingga tercapai service excellence yang dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggan.

Contact Center Award